Pengumuman

Waspada Terhadap Penipuan yang mengatasnamakan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

WIKA tidak pernah melakukan kerjasama dengan biro perjalanan manapun, dan meminta peserta untuk membayar biaya akomodasi untuk kegiatan rekrutmen.

WIKA tidak bertanggungjawab atas kerugian materil yang diakibatkan dari penipuan tersebut.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi 021 80679200 ext. 50648.

Biro Rekrutmen dan Penempatan - Departemen Human Capital WIKA.

Indonesia′s Leading Integrated EPC & Investment Company

Ikhtisar GCG


Perseroan memiliki komitmen kuat untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (GCG – good corporate governance) sebagai fondasi bagi tercapainya triple bottom line. Caranya melalui pencapaian kinerja keuangan yang sehat dan kuat, dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul. Kontribusi WIKA untuk menjaga lingkungan dan sumber daya alam yang hijau, lestari, dan berkelanjutan juga menjadi cara untuk mencapai hal tersebut.

Komitmen menerapkan GCG secara terencana, sistemik, dan berkesinambungan telah membawa WIKA menjadi salah satu perusahaan terbuka yang berdaya saing. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan sinergi usaha, lini bisnis yang semakin terdiversifikasi, kinerja saham, excellent human capital, dan kemampuan untuk turut membangun pemangku kepentingan eksternal. Wujud pengakuan keberhasilan penerapan GCG diantaranya adalah masuknya WIKA dalam 30 emiten Indonesia dalam ASEAN Corporate Governance Scorecard dan predikat sebagai "Indonesia Trusted Company yang dikeluarkan oleh IICG.

Keberhasilan tersebut membanggakan selurun insan WIKA mengingat ASEAN Corporate Governance Scorecard adalah tolok ukur keberhasilan GCG perusahaan terbuka yang telah disepakati otoritas pasar modal ASEAN sebagai bagian persiapan memasuki kawasan pasar bebas ASEAN 2015. Predikat trusted company juga menunjukan bahwa di tingkat nasional pun WIKA berhasil menerapkan GCG dan meyakinkan masyarakat bahwa WIKA memimilki komitmen dalam penerapan corporate governance secara konsisten dan berkesinambungan. Keberhasilan ini memotivasi WIKA untuk mampu bersaing dalam era ASEAN Economic Community nanti. 

PRINSIP-PRINSIP DASAR GCG

  1. Dalam menerapkan GCG, Perseroan mengacu pada lima prinsip berikut:Transparency – keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan, dan dalam mengemukakan informasi materiil yang relevan mengenai perusahaan.
  2. Accountability – kejelasan fungsi, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban organisasi sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.
  3. Responsibility – kesesuaian dalam pengelolaan perusahaan terhadap perundang-undangan.
  4. Independency – kemandirian pengelola perusahaan untuk bertindak tanpa terpengaruh tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku serta prinsip-prinsip korporasi yang sehat.
  5. Fairness – keadilan dan kesetaraan dalam memenuhi hak-hak pemangku kepentingan, yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan yang berlaku.

Penerapan prinsip-prinsip GCG memerlukan pendekatan dan penahapan yang cermat berdasarkan analisis atas situasi dan kondisi perusahaan serta kesiapan perusahaan. Penerapan prinsip-prinsip GCG di Perseraan terdiri dari 6 (enam) tahap, yaitu:

  1. Indentifikasi praktik GCG,
  2. Membangun komitmen dan tujuan GCG,
  3. Pengembangan struktur GCG,
  4. Pengembangan mekanisme GCG,
  5. Fase komunikasi, dan
  6. Fase implementasi.

TUJUAN PENERAPAN GCG

Sebagai perusahaan terbuka yang dikelola secara profesional, Perseroan selalu berusaha agar pelaksanaan kegiatan operasional berjalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Penerapan GCG adalah wujud kepatuhan Perusahaan terhadap Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-09/MBU/2012 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-01/MBU/2011 Tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) Pada Badan Usaha Milik Negara. Perseroan memandang GCG adalah landasan bagi terwujudnya praktik etika bisnis untuk menjadi warga usaha yang baik (Good Corporate Citizen), di samping juga berfungsi memelihara keberlanjutan perusahaan company sustainability.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, tujuan penerapan GCG di Perseroan adalah:

  1. Mengoptimalkan nilai perusahaan, agar Perseroan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional, sehingga mampu mempertahankan keberadaannya, dan hidup berkelanjutan untuk mencapai maksud dan tujuan perusahaan.
  2. Memberikan kepastian dan manfaat kepada para pemangku kepentingan Perseroan. Menciptakan keseimbangan kepentingan semua pemangku kepentingan Perseroan, sesuai dengan nilai-nilai perseroan. Meningkatkan kredibilitas dan daya saing Perseroan.
  3. Membangun citra perusahaan yang positif. Mempertegas batasan-batasan yang terkait etika bisnis.

 

ASSESSMENT DAN SELF ASSESSMENT GCG

Setiap setahun sekali Perseroan melakukan penilaian dan evaluasi terkait penerapan prinsip-prinsip GCG dalam bisnis Perseroan. Tahun 2017 dilakukan Self Assessment yang lebih menekankan pada evaluasi upaya peningkatan penerapan GCG Perseroan. Self Assessment dilakukan serentak bersama dengan Entitas Anak yakni WIKA Beton, WIKA Realty, Winner dan WIKA Industrial dan Konstruksi. Berikut adalah hasil Self Assessment Penerapan GCG Tahun 2016 berdasarkan Keputusan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara Nomor : SK-16 /S.MBU/2012 Tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi Atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) Pada Badan Usaha Milik Negara, yang dilaksanakan 6 Januari hingga 20 Feburari 2017.

Tabel Skor Self Assessment GCG Tahun 2016

Tabel : Skor Self Assessment Penerapan GCG Tahun 2016

 

 Tabel Capaian Skor Assessment dan Self Assessment GCG WIKA

Tabel : Skor Assessment dan Self Assessment GCG

 

                                          

Selain itu WIKA juga menggunakan standar ASEAN dalam pengukuran implementasi GCG yang dikenal dengan ASEAN CORPORATE GOVERNANCE SCORECARD (ACGS). Selama ini WIKA telah menjadi volunteer dalam pengukuran tersebut. Berikut adalah hasil  ACGSyang dicapai untuk tahun 2016 yang diukur awal tahun 2017 oleh Indonesian Institute of Corporate Directorship (IICD)   

Tabel Skore capaian ACGS 2016

Tabel : Capaian ASEAN CORPORATE GOVERNANCE SCORECARD PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. Tahun 2016

 

 

LAPORAN PENERAPAN GCG TAHUN 2016

 

Berikut adalah Laporan Pelaksanaan GCG Tahun 2016 :

 Laporan Kegiatan GCG 2016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HARGA SAHAM

Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA.JK)

ENTITAS ANAK

INVESTASI

PT WIKA Industri Energi
PT Jasamarga Surabaya Mojokerto
PT Jasamarga Kunciran Cengkareng
PT Jasamarga Bali Tol
PT WIKA Jabar Power
PT Prima Terminal Petikemas
PT Citra Marga Lintas Jabar
PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia
PT Air Minum Indonesia
PT. Trans Pacific Petrochemical Indonesia TPPI
PT Jasamarga Balikpapan Samarinda
PT Jasamarga Manado Bitung