

Are you looking for something?
Keyword suggestion
WIKA menyadari bahwa risiko telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap proses bisnisnya. Risiko-risiko tersebut melekat pada semua aktifitas dan pengambilan keputusan serta dampak dari risiko tersebut secara signifikan dapat mempengaruhi kestabilan perusahaan. Seiring dengan pencapaiannya menjadi perusahaan EPC dan Investasi, WIKA membutuhkan sistem manajemen risiko yang mampu mengelola segala bentuk ketidakpastian menjadi fokus Perseroan. Manajemen Risiko menjadi semakin penting keberadaannya sebagai dasar dalam pengambilan keputusan oleh perusahaan demi memastikan roda bisnis perusahaan terus berputar.
Manajemen Risiko adalah suatu budaya, dimana proses-proses dan struktur diarahkan untuk mengelola manajemen yang tepat guna, terhadap peluang yang potensial dan dampak yang merugikan.
Untuk mengukur, mengawasi, dan mengelola risiko utama yang dihadapi saat melakukan kegiatan operasional, Perseroan memiliki manajemen risiko yang komprehensif yang mengacu pada Peraturan Menteri Negara BUMN No. Per-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata kelola Perusahaan yang Baik (GCG), dalam pelaksanaan program Manajemen Risiko terhitung sejak 31 Mei 2018, dibentuk Departemen Manajemen Risiko, yang kini telah diubah menjadi Divisi Manajemen Risiko & PMO, yang berada di bawah Direksi.
Fungsi utama Divisi Manajemen Risiko & PMO dalam penerapan, pengembangan dan asesmen sistem manajemen risiko di tingkat Perseroan yang terintegrasi dari semua fungsi manajemen berdasarkan Visi/Misi WIKA dan pengendalian implementasi sistem manajemen risiko dalam rangka mendukung pencapaian produktivitas Perseroan. Berikut struktur organisasi yang mendukung Sistem Manajemen Risiko:
Sertifikat A ID
The Risk Management Certification CRMO (Certified Risk Management Officer)
CRGP (Certified Risk Governance Professional) specifically at the BOD - 1 level.
CRMP (Certified Risk Management Professional)
Sistem Manajemen Risiko WIKA tahun 2021 dalam tahap migrasi ke ISO 31000:2018 dengan mengikuti Prinsip, Framework, dan proses seperti gambar di bawah ini.
Untuk mendukung terlaksananya pengelolaan risiko secara efektif, Perseroan berupaya mengembangkan Framework Risk Management atau Kerangka Kerja Manajemen Risiko Perseroan, yakni seperangkat komponen yang membentuk fondasi dan mengatur organisasi, di mana pengelolaan risiko melekat pada masing-masing Divisi, Proyek, dan Anak Perusahaan dalam WIKA. Leadership dan Komitmen ini dilakukan oleh Top Management agar budaya risiko dan pengelolaan risiko dapat terukur (akuntabilitas). Tujuan dari Framework Manajemen Risiko adalah membantu Perseroan dalam mengintegrasikan manajemen risiko ke dalam aktivitas dan fungsi kerja secara signifikan. Pengelolaan (sistem manajemen) risiko dilakukan oleh Fungsi Manajemen Risiko (Departemen Manajemen Risiko, sesuai struktur organisasi di atas). Peningkatan tingkat kedewasaan (maturitas) mitigasi risiko dilakukan oleh para risk owner.
Monitoring and review of all risk management activities must be planned and ongoing. Responsibility for each activity should be defined. These activities can be linked to internal audit activities for continuous learning and improvement, while the Review of Risk Management Guidelines, Procedures, and Work Instructions is carried out periodically at least every 2 (two) years. Meanwhile, in evaluating the implementation of risk management, the Company conducts periodic performance measurements by measuring the maturity level of risk management implementation at the Project, Division, and Subsidiary levels every year (risk maturity level).
To ensure that Risk Management is effective and supports organizational performance, the Company has implemented risk management by referring to the risk management system policy from the Board of Directors that is applicable in WIKA Group. In ensuring the implementation of targeted risk management, the Risk Management Department as the department that oversees the risk management in WIKA Group has compiled:
Risk Management System Guidelines
Risk Management Procedures
Work Instructions relating to Risk Management implementation.
Implementing Risk Management Maturity measurement aimed at WIKA Group environment
Improving the competencies of PIC Risk within WIKA Group
Risk Management Workshop for Tender Phase
WIKA’s risk management is measured by its level of maturity through a Risk Maturity Level Self-Assessment mechanism.
The results of 2021 Risk Maturity Level (RML) assessment within WIKA Group show the maturity level of risk management implementation with a score of 3.89 (managed).