Indonesia′s Leading Integrated EPC & Investment Company

Tata Kelola IT


Sejak tahun 2018, Perseroan terus menjalankan rekonfigurasi deskripsi kerja dalam rangka transformasi pendekatan pengelolaan TI berbasis objek menjadi berbasis fungsi. Untuk menguatkan dan memastikan proses bisnis dan tata kelola yang benar, Perseroan menginisiasi untuk mendapatkan sertifikasi ISO 20000 ITSM, ISO 27001 Security dan Cobit 2019 dengan score 3,35 dari target KBUMN yaitu 3,00.

MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI

Perusahaan bertanggung jawab memastikan terlaksananya good practices IT Governance/Management sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Menteri BUMN. Untuk memastikan keberhasilan implementasi program TI, Perusahaan membentuk IT Steering Committee dan menetapkan penanggung jawab dari masing-masing fungsi yang memiliki pengetahuan dan kompetensi sesuai bidangnya masing-masing sehingga proses pembentukan dan pengembangan TI serta implementasinya dapat dilakukan sesuai dengan rencana. IT steering committee memberikan dukungan terhadap perencanaan dan implementasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang dan berfungsi sebagai pengawas dalam pelaksanaan program. Perusahaan menetapkan aturan dan kebijakan-kebijakan yang mampu mendukung percepatan inisiatif-inisiatif yang mengacu pada standar operasional TI internasional. Di tahun 2020, Perusahaan terus menjalankan rekonfigurasi deskripsi kerja dalam rangka transformasi pendekatan pengelolaan IT berbasis objek menjadi berbasis fungsi. Untuk menguatkan dan memastikan proses bisnis dan tata kelola yang benar, Perusahaan menginisiasi untuk mendapatkan sertifikasi ISO 20000 ITSM, ISO 27001 Security dan Cobit 4.1 dengan score minimal 3.

FOKUS AREA DI TAHUN 2022

Perusahaan mengembangkan teknologi informasi untuk meraih arsitektur sistem yang dapat menopang efektivitas serta efisiensi kinerja. Di tahun 2022, Perseroan berada pada fase Global Collaboration. Pada fase ini, fokus pengembangan sistem teknologi informasi adalah Enterprise Resource Planning (ERP WIKA). Fokus tersebut ditetapkan sesuai dengan arahan RJPP serta arahan strategis Road Map Digitalisasi TI sebagai berikut.

HARGA SAHAM

Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA.JK)

ENTITAS ANAK

INVESTASI

PT WIKA Industri Energi
PT WIKA Jabar Power
PT Bandara Internasional Batam
PT Citra Marga Lintas Jabar
PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia
PT Jasamarga Balikpapan Samarinda
PT Jasamarga Manado Bitung