Indonesia′s Leading Integrated EPC & Investment Company

Whistle Blowing System dan Pengendalian Gratifikasi


Whistleblowing System (WBS)

Dalam rangka implementasi prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance), WIKA telah berkomitmen untuk membangun Sistem pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System). Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System) berfungsi sebagai sarana dalam pencegahan, pengungkapan pelanggaran atau tindak kecurangan dalam Perseroan dan telah dituangkan dalam Prosedur Pengaduan Pelanggaran Code of Conduct atau Whistle Blowing No: WIKA-LDS-PM-02.01 Rev 00 Amd 04 Tanggal 28 April 2022.

Efektivitas pelaksanaan whistleblowing system (WBS) juga menjadi perhatian utama Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan. Perseroan telah memiliki Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System) berfungsi sebagai sarana dalam pencegahan, pengungkapan pelanggaran atau tindak kecurangan dalam Perseroan, termasuk di dalamnya Insider Trading, Fraud, Money Laundrying, Anti Bribery and Corruption (ABC), dikriminasi dan penyimpangan lainnya. Perseroan telah mengembangkan mekanisme Whistleblowing System (WBS) yang dengan telah dimilikinya media pengaduan, yaitu melalui email khusus dengan melalui https://wbs.wika.co.id/  serta dibentuknya pihak khusus yang menangani pengaduan. Terkait dengan penanganan pengaduan, Tim Kepatuhan dan/atau Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan telah melakukan seleksi, konfirmasi (dari aspek kategori jenis pelanggaran, siapa yang melakukan dan kelengkapan dokumennya) dan verifikasi, serta memutuskan apakah laporan akan ditindaklanjuti atau diarsip. Dewan Komisaris dan Direksi memberikan arahan agar efektivitas pelaksanaan WBS terus ditingkatkan, khususnya terkait dengan evaluasi frekuensi pelaporan WBS yang di tahun 2021 tidak terdapat pelaporan WBS. Hal ini perlu dikaji lebih lanjut, agar kedepannya WBS semakin efektif.

WIKA juga telah melakukan Perjanjian Kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  terkait Whistleblowing Terintegrasi yang dimonitoring secara berkala sejak tahun 2021.

Pengelolaan Whistleblowing System

Penyampaian Laporan Pelanggaran

Setiap insan WIKA dapat menyampaikan laporan mengenai dugaan pelanggaran terhadap Code of Conduct kepada Perseroan melalui https://wbs.wika.co.id/ . Tim Kepatuhan akan menerima dan melakukan tindak lanjut atas pengaduan tersebut namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

  1.  Direksi membentuk dan menetapkan Tim Kepatuhan, FKAP dan Majelis Kehormatan Pegawai.
  2. Tim Kepatuhan, FKAP dan Majelis Kehormatan Pegawai akan diberikan perlindungan yang sama dengan Pelapor. Perlindungan terhadap pembalasan, tekanan, ancaman baik secara fisik, psikologis, administrasi maupun penuntutan hukum.
  3. Setiap identitas pelapor dan materi laporan wajib dirahasiakan dan diberikan perlindungan atas kerahasiaan identitas pelapor dan materi pelaporan sesuai dengan mekanisme perlindungan kerahasiaan serta akan ada sanksi yang diberikan bagi yang membocorkan identitas pelapor dan materi laporan
  4. Penggunaan surat yang tidak beridentitas (surat kaleng) akan diperlakukan sebatas  sebagai informasi  awal di mana tindak lanjutnya  tergantung kepada tingkat keyakinan Tim Kepatuhan dan FKAP atas kebenaran substansi masalah yang dilaporkan.
  5. Direksi dan jajaran manajemen perusahaan wajib memberikan perlindungan, termasuk imunitas administrasi kepada pelapor pelanggaran terhadap pembalasan, tekanan, atau ancaman baik secara fisik, psikologis, administrasi, perlindungan karir maupun penuntutan hukum.
  6. Setiap laporan pelanggaran dan atau penyimpangan wajib memenuhi sifat tidak memihak (impartial) suku, ras, agama dan golongan serta tidak bersifat fitnah dan atau laporan palsu.

Media Pelaporan
Pelaporan Pelanggaran dapat dikirimkan melalui  https://wbs.wika.co.id/  Setiap pelaporan pelanggaran yang masuk akan ditindaklanjuti.

Jumlah Sanksi/Tindak Lanjut Atas Pengaduan Di Tahun 2022
Sampai dengan September tahun 2022, terdapat 4 (empat) laporan pada whistleblowing system.

Gratifikasi merupakan pemberian/penerimaan uang/ setara uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya dengan nilai berapapun, baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri, dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik yang dilakukan oleh Personil WIKA terkait dengan wewenang/jabatannya di Perseroan, sehingga dapat menimbulkan benturan kepentingan di masa yang akan datang. Pengendalian gratifikasi di WIKA telah diatur dalam No. Dok: WIKA-LDS-PM-03.01 Rev 00 Amd 03 tentang Prosedur Pengendalian Gratifikasi tanggal 31 Januari 2022.

Pengelolaan Pengendalian Gratifikasi

Batasan Pemberian Yang Diperbolehkan

  1. Pemberian hadiah/cinderamata dan/atau jamuan makan dan/atau hiburan diperbolehkan sepanjang pemberian tersebut dimaksudkan untuk membina hubungan baik dalam batas-batas kewajaran dan memperhatikan hubungan yang setara (seperti antar teman dan antar tetangga), saling menghormati dan tidak bertujuan untuk menyuap pihak yang bersangkutan dengan maksud memberikan sesuatu hal kepada Perseroan yang tidak menjadi hak Perseroan secara hukum serta frekuensi pemberian tersebut tidak boleh terlalu sering karena dapat menimbulkan dugaan dari seseorang bahwa ada sesuatu di balik pemberian tersebut.
  2. Pemberian hadiah/cinderamata berupa barang yang dimaksudkan untuk promosi Perseroan wajib menggunakan logo Perseroan yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari barang dimaksud (logo Perseroan pada barang dimaksud tidak dapat dihilangkan).
  3. Pemberian honorarium rapat kepada Pihak Ketiga, diperbolehkan sebagai apresiasi atas sumbangan pemikiran dan keahlian yang telah diberikan kepada Perseroan atas undangan resmi dari Perseroan, sepanjang ketentuan mengenai honorarium tersebut tidak dilarang dalam kode etik atau peraturan internal instansi dari Pihak Ketiga tersebut.
  4. Setiap Pemberian yang dilakukan, dicatat dan form yang diisi oleh pegawai yang bersangkutan sebagai pihak pemberi dan diketahui oleh Atasan langsung dan Sekrataris Perusahaan.

Laporan Gratifikasi Tahun 2022

Sampai dengan September tahun 2022 tidak terdapat laporan atas gratifikasi.

 

 

HARGA SAHAM

Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA.JK)

ENTITAS ANAK

INVESTASI

PT WIKA Industri Energi
PT WIKA Jabar Power
PT Bandara Internasional Batam
PT Citra Marga Lintas Jabar
PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia
PT Jasamarga Balikpapan Samarinda
PT Jasamarga Manado Bitung